Jumat, 02 November 2012

SEJARAH MOTOR SUZUKI


Michio Suzuki, adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan) untuk menenun Sutra, Usaha ini di mulai pada tahun 1909an. Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh. Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.

Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free (untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc).Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu. Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export
tidak banyak.
Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris). Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977. Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses untuk pasar Superbike didunia pada saat itu.

Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses).Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978.
GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu. Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982 Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full (kencang larinya), style-nya yang modern, body ringan dan harganya yang sangat kompetitif.

Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya GSX-R750 dan GSX-R 1100 yang ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model ini benar-benar mengadobsi motor balap beneran tapi memang diperuntukan dijalan raya. GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini, Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik, dan distop produksinya. Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap kurang mencapai kesuksesan.

Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA yang sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia karena kecepatan mencapai 310km/jam.

Pada tahun 1970 suzuki menunjukann eksistensi brand Suzuki di Indonesia, maka dibawah bendera PT.INDOHERO STEEL & ENGINERING Co Memperkenalkan produk Roda 2 Type A 100 & FR 70.
Sejalan dengan program lokalisasi pemerintah pada tahun 1977 Suzuki mengembangkan kendaraan untuk keperluan komersial yaitu Super Carrti ST 20 pada tahun 1991 Peluncuran sepeda motor Suzuki RGR 150, Suzuki Crystal dan Suzuki TRS X-2 di Indonesia. Pada tahun 1994 PT. Indomobil Suzuki International memulai bisnis outboard motor, untuk memasarkan outboard motor merek Suzuki di wilayah Indonesia. Untuk itu dibuat divisi baru yang khusus menangani outboard (sales, service dan spare part) yaitu OUTBOARD DIVISION. Pemasaran khusus untuk mesin type 2 takt, yaitu type DT 2, DT 2.2, DT 4, DT 8, DT 9.9, DT 15 DT 25, DT 40, DT 60, DT 70, DT 85, DT 115, DT 140 dan DT 200. pada tahun 1995 suzuki memproduksi Motor Suzuki FD 100 C. pada tahun 1998 PT. Indomobil Suzuki Internasional menghentikan pemasaran DT 2.Pada tahun 2000 Suzuki meluncurkan Shogun dengan mesin 4 tak. Penghentian pemasaran DT 4, DT 9.9, DT 60 dan DT 85. Mulai memasarkan mesin type 4 takt, yang pertama adalah type DF 15L. 

Sepeda Motor Suzuki Yang Pernah Diproduksi di Indonesia

Model
Jenis
Mulai ProduksiAkhir Produksi
  A 100  Bisnis1970  2005
  T 125  Dual Purpose1971  1973
  A 50  Bisnis1972  1973
  RV 90  Sand Bike1972  1974
  F 90  Under Bone1972  1974
  GT 250  Sport Twin1972  1975
  TS 100  Trail1973  1981
  FR 70  Under Bone1973  1975
  GT 185  Sport Twin1973  1975
  GT 100  Sport1974  1977
  GT 125  Sport Twin1974  1975
  FR 75  Under Bone1975  1976
  GT 380  3 Cylinder1975  1975
  TS 125  Trail1976  1977
  FR 80  Under Bone1976  1983
  GP 100  Spor 1977  1980
  GP 125  Sport1977  1980
  TR S  Sport1982  1992
  RC 80  Under Bone1984  1987
  TR Z  Spor1984  1986
     RC 100  Under Bone            1986            2002
  RC 110  Under Bone  1989    1994
  RC 100 GX  Under Bone  1994    1997
  RC 110 GS  Under Bone  1994    1997
  RGR 150  Sport  1991    1998
  TS 125 ER  Trail  1993    2005
  FD 110 Shogun  Under Bone  1996    2003
  RU 120 LD Satria S  Under Bone  1997    2002
  RU 120 LU Satria R  Under Bone  1998    2005
  GSX 250 Thunder  Sport  1999    2005
  FXR 150  Sport  2000    2003
  FD 110 Smash  Under Bone  2002    2006
  FD 125 Shogun  Under Bone  2004    2007
  EN 125 Thunder  Sport  2004  -
  SATRIA F 150  Under Bone  2004  -
  FH 125 ARASHI  Under Bone  2006   2008
  UY 125 SPIN  Scooter  2006  -
  FK 110 SMASH  Under Bone  2006  2010
  FL 125 SHOGUN  Under Bone  2007 2011
  UW 125 SKY WAVE  Scooter  2007 2011
   FL 125 SHOGUN FUEL INFECTION  Under Bone  2007 2011
  FW110 TITAN  Under Bone  2010  -
  FL125 AXELO  Under Bone  2011  -
  UW125 HAYATE  Scooter  2011  -

sumber : www.suzuki.co.id